STUDI TINGKAT PENGETAHUAN IBU YANG BEKERJA TENTANG PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI DESA SIMOGIRANG KECAMATAN PRAMBON, SIDOARJO
Abstract
Introduction. Perkembangan sosial merupakan proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral dan tradisi; meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan kerja sama (Yusuf, 2007). Studi pendahuluan tentang tingkat pengetahuan dari 10 ibu bekerja dan mempunyai anak prasekolah di Desa Simogirang Kecamatan Prambon Sidoarjo, 2 mempunyai tingkat pengetahuan baik, 3 mempunyai tingkat pengetahuan cukup, 5 mempunyai tingkat pengetahuan kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu yang bekerja tentang perkembangan sosial anak prasekolah. Methods. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 44 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner dengan jumlah pertanyaan 20 soal. Setelah data terkumpul dilakukan tabulasi dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, data diinterprestasikan sehingga menghasilkan suatu simpulan. Results. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan tingkat pengetahuan baik sebanyak 6 responden (14%), tingkat pengetahuan cukup sebanyak 12 responden (27%) dan tingkat pengetahuan kurang sebanyak 26 responden (59%). Discussion. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan ibu yang bekerja tentang perkrmbangan sosial anak prasekolah kurang, maka perlu ditingkatkan pengetahuan ibu dengan pemberian penyuluhan oleh petugas kesehatan.Downloads
References
Arikunto, Suharsini. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (2009). Sikap Manusia Teori Dan Pengukuranya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Davidson G. dkk. (2006). Psikologi Abnormal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Erfandi. (2009). Konsep pengetahuan.
Gunarsa, Singgih. (2004). Psikologi Perkembangan Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT. Gunung Mulia.
Harlimsyah. (2007). Perkembangan Sosial Anak. http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/104/septianawi-5158-3-bab2.pdf.
Hidayat, Aziz Alimul. (2004). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.
Hildayani, Rini. (2013). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hurlock, Elizabeth B. (2004). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, Elizabeth B. (2011). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lerner. (2004). Ibu Bekerja. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/32433 /4/20II.pdf.
Melntosh dan Bauer. (2006). Ibu Bekerja. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/32433/4/20II.pdf.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Cetakan I. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.
Papalia, dkk. (2009). Perkembangan Manusia. Jakarta:Salemba Humanika.
Piaget. (2004). Ciri Perkembangan Sosial Anak. www.psikologizone.com.
Rini, Jacinta F. (2004). Wanita Bekerja. www.epsikologi.com.
Snowman dan patmoenodewo. (2004). Ciri Anak Prasekolah.
Sunarto dan Hartono. (2004). Hubungan Sosial.
www.sunartohartono. org/agents2.htm. Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Whaly dan Wong. (2004). Anak Prasekolah. www.library.upnvj.ac.id/ bab1.pdf.
Yusuf, Syamsul. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Authors who publish with Nurse and Health: Jurnal Keperawatan agree to the following terms:
- Authors retain copyright licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 (CC BY-NC 4.0), which allows others to remix, tweak, and build upon the authors' work non-commercially, and although the others' new works must also acknowledge the authors and be non-commercial, they don't have to license their derivative works on the same terms.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access). Authors can archive pre-print and post-print or publisher's version/PDF.