PENGARUH METODE DEMONSTRASI TENTANG TOILET TRAINING TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA 3 TAHUN DI PAUD I DESA SOOKO KECAMATAN SOOKO KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract
ABSTRACTBackground: Salah satu tugas perkembangan anak usia 3 tahun adalah toilet training. Toilet training pada anak merupakan suatu usaha untuk melatih agar anak mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil dan buang air besar. mengingat tugas perkembangan tersebut maka toddler diajarkan bagaimana cara melakukan toilet training yang benar dengan menggunakan metode demonstrasi.Purpose: Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan pembelajaran toilet training anak usia 3 tahun.Method: Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah pra experimental. Penelitian ini menggunakan one-grup pra-post test design. Populasi berjumlah 15 anak usia 3 tahun di PAUD I Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Sample yang digunakan sebesar 15 anak yang berusia 3 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan 11 item. Data diolah dengan menggunakan proses editing, coding, scoring, dan tabulating, uji statistic deskriptif dan uji wilcoxon.Results: Hasil penelitian didapatkan rerata sebelum dilakukan metode demonstrasi toilet training adalah 6,0000. Dan rerata sesudah dilakukan metode demonstrasi toilet training adalah 9.2000. Jadi rerata perubahan sebelum dan sesudah dilakukan metode demonstrasi adalah 3,2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikasi p = 0,001 lebih dari nilai signifikasi α = 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi toilet training terhadap peningkatan pembelajaran toilet training anak usia 3 tahun.Conclusion: Anak usia 3 tahun setelah diberikan terapi demonstrasi toilet training ada peningkatan perubahan dalam pembelajaran toilet training anak. demonstrasi dapat menjadi salah satu terapi atau perlakuan untuk meningkatkan pembelajaran toilet training pada anak usia 3 tahun. Key words: Demonstrasi, Toilet Training, Anak Usia 3 Tahun.Downloads
References
Alimul Aziz H. 2005. Pengatar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakara: Salemba Medika.
Ammelda Rahmatika. DKK. Pengaruh Modeling Media Video Dan Gambar TerhadapDengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Prasekolah. Vol. 1. Diakses 7 Desember 2016. http://suaraforikes.webs.com/volume1% 20nomor2.pdf.
Einsenbreg Arlene.1997. Anak Di bawah 3 Tahun: Apa yang Anda Hadapi. Jakarta: Arcan.
Herijulianti Eliza, Dkk. 2001. Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta: EGC.
Kusumaningrum Arie, Dkk. 2011. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Perilaku Orang Tua dalam Toilet Training Toodler. Diakses 5 desember 2016. http://www.fkm.unsri.ac.id
Machfoedz Ircham, Dkk. 2005. Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya.
Mansur Herawati. 2009. Psikologi Ibu dan Anak Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Mariana Astri. 2013. Toilet Training Pada Anak Down Syndrome . (Studi Kasus pada Siswa Down Syndrome di SLB-C1 Widya Bhakti Semarang). Diakses 7 Desember 2016. http://lib.unnes.ac.id/18425/1/1550407027.pdf
Mubarak Iqbal Wahid, Dkk. 2007. Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.
Notoadmojo, 2010. Metodologi Penelitian.Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmojo Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. 2013. Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Nuryanti Lusi. 2008. Psikologi Anak. Jakarta: Indeks.
Pusparini Winda., Dkk. 2009. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Perilaku Ibu Dalam Melatih Toilet Training Pada Anak Usia Toddler Di Desa Kadokan Sukoharjo. Diakses 5 Desember 2016. http://publikasiilmiah.ums.ac.id
Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Subagyo. DKK. 2010. Hubungan Antara Motivasi Stimulasi Toilet Training Oleh Ibu terhadap Peningkatan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Toddler. Diakses 5 Desember 2016. Http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/4139
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suliha Uha, Dkk. 2001. Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
Supartini, yupi. 2004. Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta: EGC.
Suririnah. 2010. Buku Pintar Mengasuh Balita. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Widiani Trisna, Dkk. 2008. Prevalensi Dan Faktor Risiko Enuresis Pada Anak Taman Kanak-Kanak Di Kotamadya Denpasar. Diakses 7 Desember 2016. http://saripediatri.idai.or.id/pdfile/10-3-2.pdf.
Authors who publish with Nurse and Health: Jurnal Keperawatan agree to the following terms:
- Authors retain copyright licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 (CC BY-NC 4.0), which allows others to remix, tweak, and build upon the authors' work non-commercially, and although the others' new works must also acknowledge the authors and be non-commercial, they don't have to license their derivative works on the same terms.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access). Authors can archive pre-print and post-print or publisher's version/PDF.